47 Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Bulan yang sangat dimuliakan Allah serta banyak keutamaan daripada bulan-bulan lainnya yang harus kita sambut dengan semangat ibadah. Tentunya, kita menginginkan berpuasa dengan amalan-amalan berpahala tanpa kelesuan.

Puasa tidak menjadikan aktivitas dan semangat kerja menurun, tetapi menjadi lebih semangat karena motivasi amalan ibadah di bulan Ramadhan yang dilipat-gandakan Allah SWT.

Untuk menjaga agar tubuh tetap segar dan sehat saat berpuasa, ada beberapa tips sehat di bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan. Dengan tubuh yang sehat dan segar dapat membantu Anda dalam meningkatkan amalan-amalan ibadah di bulan Ramadhan.
Berikut ini adalah 47 Tips Sehat di Bulan Ramadhan:





1. Memulai dari niat yang bersih

2. Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut.

3. Semangat puasa secara otomatis akan mengatur kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan.

4. Senang hati akan mengatur enzim epinefrin, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat

5. Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita seperti lambung, usus, ginjal, liver, kulit senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya.


6. Jangan tinggalkan sahur kerena berpahala besar

7. Hadist disebutkan bahwa "Bersabda Rasulullah SAW: "Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar".

8. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan selama 14 jam. Sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup.

9. Menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi. Makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap.

10. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

11. Hindari minuman kopi pada saat sahur karena kopi akan membuat kita lebih cepat mengalami dehidrasi atau kehausan.

12. Disunnahkan mengakhiri waktu makan sahur dengan waktu yang tak jauh dari saat terbit fajar.

13. Mengakhirkan sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh untuk mempunyai tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan

14. Hindari Tidur Setelah Makan Sahur Selain tidak mengikuti Sunnah mengakhirkan sahur, shalat Subuh mungkin tak bisa terjaga dengan baik (tidak tepat waktu). Keadaan ini akan rnembuat tubuh menjadi semakin lemas pada siang hari.

15. Apabila kantuk menyerang di pagi hari, segera saja berolahraga secukupnya untuk membakar simpanan makanan supaya menjadi energi, kemudian lanjutkan aktivitas Anda seperti biasanya, misalnya taddarus Al Qur'an, bekerja dan sebagainya.


16. Padatkan aktivitas. Bermalas-malasan tidak dianjurkan dalam Islam, apalagi di bulan Ramadhan. Lakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan.

17. Aktivitas pada saat puasa justru dapat merangsang pengeluaran hormon- hormon anti insulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi, sehingga kadar gula darah tidak menurun dan pada akhirnya tubuh tetap bugar sepanjang hari.

18. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo.

19. Pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil, bersepeda, senam atau jalan kaki.

20. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

21. Usahakan untuk cukup tidur agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Masing-masing orang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan jam tidurnya, yang penting tidak berlebihan.

22. Tidur berlebihan malah menyebabkan tubuh loyo, kulit wajah kering dan tidak segar


23. Jangan tunda berbuka.

24. Saat berbuka awali dengan air putih atau kurma

25. Khusus untuk mereka yang beraktivitas lebih, misalnya olahraga berat, pekerja berat sehingga keringat keluar berlebihan, dianjurkan minum air dingin biasa, karena akan diserap tubuh lebih cepat dibandingkan air hangat.

26. Lalu makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian seperti kolak, atau minum teh hangat, istirahatkan sesaat.

27. Hindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal dan mengakibatkan kembung.

28. Gunakan jeda itu untuk menjalankan sholat magrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan.

29. Pilih menu berbuka dengan makanan berserat dan vitamin tinggi seperti buah berwarna merah atau kuning, sayuran berwarna hijau tua atau kacang- kacangan

30. Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.

31. Makanlah secara bertahap, jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar.

32. Setelah Tarawih dapat dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

33. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).




34. Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Lebih dari 60 % tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik setiap organ tubuh kita membutuhkan air.

35. Perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik.

36. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah waktu agar Anda minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.



37. Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah.

38. Pengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

39. Selalu berpikir positif akan menjaga kesempurnaan puasa dan metabolisme tubuh kita.




40. Menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

41. Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau.

42. Dianjurkan tetap bersiwak, menyiramkan air dingin pada kepala dan juga mandi. Bersiwak atau gosok gigi boleh dilakukan oleh orang yang berpuasa.

43. Mandi juga membuat anda tetap segar dan terhindar dari dehidrasi


44. Manfaatkan momen ibadah bulan Ramadhan, yaitu dengan beri'tikaf di masjid.

45. Berbekal makanan sumber energi yang baik dan tahan lama, misalnya kurma, madu, berbagai jenis gula, namun hindari gula-gula atau permen.

46. Makanan dan minuman suplemen bisa dikonsumsi, termasuk susu dalam kemasan. Pilihlah makanan atau minuman suplemen yang mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh, dan sesedikit mungkin mengandung zat non gizi (kafein, pemanis, pengawet dan lainnya yang sejenis).

47. Perlu juga berbekal obat-obatan ringan, seperti obat pereda demam, sakit kepala, anti diare beserta oralit, dan lain-lainnya. Gunanya, untuk menjaga apabila saat beri'tikaf penyakit menyerang tubuh Anda.

Menjaga agar tubuh tetap segar saat berpuasa sangat penting demi kesempurnaan ibadah kita. Semoga dapat menambah puasa kita menjadi semakin sempurna, ikhlas semata karena Allah dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah, mengisinya dengan amalan-amalan yang bermanfaat

Sumber: 47 Tips Sehat Di Bulan Ramadhan

Comments

Popular Posts