Saturday, October 8, 2016

Telkomsel Tidak Bisa Internet

Cara mengatasi kartu telkomsel yang tidak bisa internetan

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara mengatasi kartu simpati telkomsel yang tidak bisa internetan padahal sudah mendaftar paket internet simpati telkomsel.

Sinyal di hp full dan tombol koneksi internet telkomsel "Mobile Data" sudah di nyalakan (ON) di smartphone android tapi tidak ada tanda internet telkomsel yang aktif dan tidak tersambung.





Awalnya saya membeli kartu perdana simpati telkomsel yang baru. Setelah melakukan registrasi dan aktivasi kartu simpati, nomor hp telkomsel sudah bisa digunakan untuk sms dan telepon. Kemudian saya membeli paket internet flash dan aktivasi paket internet berhasil.


Lalu masalah muncul pada saat saya coba menyalakan tombol connect /koneksi data internet di smartphone android, koneksi internet telkomsel tidak ada/tidak tersambung.  Tidak ada tanda sinyal koneksi internet (HSPA+) sama sekali di hp.

Saya coba setting kartu dan pengaturan internet, cek apn telkomsel, kemudian jaringannya. Semuanya sudah ok. Sisa pulsa simpati juga masih banyak. Cek info paket saya juga sudah aktif. Saya coba restart hp juga tidak bisa connect.

Saya sempat bingung karena kartu telkomsel yang baru tidak bisa digunakan untuk koneksi ke internet padahal sudah daftar paket telkomsel flash.

Kemudian saya cari info di google tentang setting internet di telkomsel.
Saya mendapatkan informasi tentang cara setting apn simpati telkomsel dengan cara ketik sms : "internet" ke 5432.


Saya coba sms kemudian dapat balasan
"Maaf ponsel Anda belum bisa mendapatkan pengaturan otomatis untuk mengakses internet dan MMS. Silakan hubungi customer service di 133/188."




Selanjutnya saya telp cs telkomsel di 188, setelah tersambung dengan mba CS saya memberitahukan masalahnya tentang kartu simpati telkomsel yang tidak bisa connect internet. Setelah itu saya dapat solusi dari cs telkomsel untuk masalah ini.

Berikut solusi kartu telkomsel yang tidak bisa connect internet:

1. Tekan nomor *363*213# di smartphone untuk membuka akses internet Telkomsel.

2. Apabila tidak bisa juga, nyalakan mode pesawat selama 5 menit kemudian matikan mode pesawat dan nyalakan akses data.

3. Apabila tidak bisa juga, buka setting internet di smartphone android kemudian pilih jaringan 3G/2G only, setting APN telkomsel -> nama apn: internet, username dan password: dikosongkan. Lalu restart.

4. Apabila tidak bisa juga tersambung ke internet, silahkan hubungi cs telkomsel di 188/133.


Lalu saya coba solusi nomor 1, saya hubungi *363*213# selanjutnya saya mendapatkan sms dari 3636 Telkomsel, Isi smsnya, permintaan pembukaan akses GPRS atau internet di Telkomsel sudah berhasil.



Saya nyalakan kembali tombol koneksi internetnya dan alhamdulillah sinyal koneksi internet telkomsel sudah muncul, akses internet juga tersambung dan bisa digunakan :)

Horeee.. berhasil :)
Berarti akses internet telkomsel saya sebelumnya masih belum dibuka ya. Saya pikir akan otomatis terhubung internet setelah paket internet aktif.  Mungkin karena ini kartu simpati yang baru, jadi pengaturannya berbeda dengan sebelumnuya.


Untuk anda yang memiliki masalah yang sama, yaitu tidak bisa terhubung internet di Telkomsel bisa dicek terlebih dahulu seperti:

- Cek paket internet telkomsel sudah aktif atau belum
- Cek pulsa telkomsel karena harus ada minimum pulsa/saldo terakhir untuk bisa akses internet, Minimum pulsa atau saldo terakhir sebesar Rp 5000.

-  Cek pengaturan (settings) di smartphone Android seperti:

- APN kartu Telkomsel anda (nama APN Telkomsel : internet)
- Setting Jaringan Data pilih 3G atau 4G

Kalau sinyalnya sama sekali tidak terlihat padahal tombol connect data sudah ON dan di pengaturan juga sudah ok, silahkan coba cara diatas yaitu telp ke *363*213# untuk membuka akses internet telkomsel. Karena bisa juga akses internet belum dibuka atau masih terkunci sehingga tidak bisa terhubung atau connect ke internet.

Related Posts

Telkomsel Tidak Bisa Internet
4/ 5
Oleh

12 comments

January 30, 2017 at 3:10 AM delete


jasa Service Android dan smartphone

Kali ini saya mau membantu sobat droid semua yang suka otak atik android dan mengalami kesalahan dalam rooting, dan modif sehingga android anda menjadi hank logo mungkin jasa kami akan sedikit membantu anda , atau untuk anda yang mau root android dan tidak mau mengambil resiko bisa memakai juga jasa kami dan untuk jasa yang kami tawarkan
silahkan Hubungi https://androidservicesite.wordpress.com/

lebih jelasnya sebagai berikut:

– Jasa root/unroot Android
– Jasa Pasang Recovery Mode/CWM
– Jasa Unbrik Android
– Jasa Flasing Android
– Jasa Pasang Custom Rom
– Mati total
– IC flash rusak
_ memory internal rusak
– Stuck di logo
_ tidak bisa carging
– Dll.
ketiga banyak pengalaman serta sahabat sahat jasa service
android semoga dengan jasa kami ini banyak orang yang terbantu
Kami Bisa dipanggil ketempat agan
Silahkan hubungi https://androidservicesite.wordpress.com/

Reply
avatar
Anonymous
February 10, 2017 at 9:43 PM delete

Mantap, akhirnya bisa internetan..
Saya Sempet nyalahin hp nya juga wkwkwk..
Trimakasih sdh brbagi pengalaman :)

Reply
avatar
March 8, 2017 at 12:59 AM delete

Alhamdulillah, berhasil pake cara yg pertama
Makasih kaka, sangat membantu...

Reply
avatar
March 10, 2017 at 2:06 PM delete

Thanks buat infonya
Akhirnya bisa jg buat internetan

Reply
avatar
April 28, 2017 at 12:03 PM delete

artikel ya sgt berguna. akirnya bs jg dataselularku.mksh y

Reply
avatar
May 4, 2017 at 8:15 PM delete

Alhamdulillah,makasih info 😀

Reply
avatar
Anonymous
May 5, 2017 at 8:29 AM delete

tengkyu gan!!! Akhirnya bisa juga internetan. Gw udh panik tadi, kirain kartu simpati gw eror.

Reply
avatar
Anonymous
May 6, 2017 at 8:37 PM delete

Terima kasih ya, berhasil cara yang pertama

Reply
avatar
May 23, 2017 at 11:14 AM delete

Makasih ya....so helpfull

Reply
avatar
May 23, 2017 at 11:15 AM delete

Makasih ya....so helpfull

Reply
avatar
May 30, 2017 at 5:54 PM delete

waah, makasih banyak ya infonya!

Reply
avatar
June 15, 2017 at 11:24 AM delete

Akhirnya ketemu solusinya haha. Hampir kebanting hp nya wkwkw

Reply
avatar